Catatan Buka Puasa Bersama IA-ITB, Minggu 14 September 2008

14 September 2008 at 10:09 am 5 komentar

oleh: Yohan Suryanto, yohan@rambinet.com

____________________________________________________________

Kebetulah tadi sore saya sempat hadir memenuhi undangan salah satu rekan alumni dalam rangka buka bersama IA-ITB yang diselenggarakan di rumah dinas Bpk Hatta Rajasa di Jl. Widya Chandra I. Bagi rekan-rekan yang tidak sempat hadir karena suatu hal, sedikit catatan berikut mungkin bisa memberikan gambaran mengenai acara IA-ITB tersebut. Acaranya berlangsung dalam suasana hangat penuh rasa kekeluargaan, sangat pas sebagai acara buka bareng yang biasanya rutin diadakan setiap bulan puasa, sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar alumni ITB. Turut hadir Ketua IA-ITB Hatta Rajasa, Dewan Pembina IA-ITB Muslim Nasution, Ketua IAE-ITB Rinaldi, Pemda Batam, Pemda DKI, Pemda Jabar, serta segenap alumni lainnya yang berjumlah lebih dari sekitar 100 orang.

Setelah rekan-rekan alumni berdatangan dan terjadi diskusi kecil di sana-sini, adzan maghrib berkumandang yang segera disambut dengan menyantap ‘takjil’ minuman dan makanan ringan ala kadarnya untuk sekedar membatalkan puasa. Sebelum berbuka dengan menu berat, acara dilanjutkan dengan shalat maghrib berjamaah yang dipimpin oleh salah satu alumni Fisika ‘83 yang sekarang mengajar di ITS. Peserta nampaknya merasa puas, karena disuguhi oleh menu berbuka yang cukup bervariasi, mulai pempek palembang, soup kaki kambing, daging sapi muda, udang mayones, dan buffet nasi ala catering.
Setelah shalat Isya’ berjamaah, acara dilanjutkan dengan :

  1. Sambutan oleh ketua IA-ITB Hatta Rajasa
  2. Sambutan oleh Rektor ITB Djoko Santoso
  3. Penyampaian materi rohani ‘ayat-ayat semesta’ oleh Agus Purwanto
  4. Shalat tarawih berjamaah

Sambutan oleh ketua IA-ITB Hatta Rajasa

Ketua IA-ITB menegaskan kembali bahwa kegiatan IA-ITB akan tetap berpegang pada program kerja, untuk kemajuan ITB. Pihak rektorat mengakui bahwa Alumni ITB adalah salah satu komponen Institusi ITB, selain civitas akademika ITB sendiri.
Program-program yang akan dijalankan, selain sekitar 3 program rutin mingguan yang berjalan saat ini, adalah :

  1. Mendukung ITB sebagai world class university. Pemerintah melalui Diknas akan memberikan tambahan dana Rp 100 Milyar per tahun untuk universitas-univeritas yang masuk dalam kriteria badan pemeringkatan universitas internasional seperti THES yang merupakan salah satu indikator world class university. Dana tersebut merupakan alokasi baru berkat adanya kenaikan anggaran pendidikan tahun 2009. Sebagai catatan, Guru kemungkinan akan menjadi PNS dengan gaji rata-rata tertinggi jika kenaikan 20% anggaran jadi direalisasikan.
  2. Bulan November 2008 akan diadakan silaturahmai nasional, yang merupakan kerjasama institusi ITB dan alumni ITB.
  3. Program Technopreneur
  4. Realisasi pembangunan Menara ITB

Sambutan oleh Rektor ITB Djoko Santoso

Meskipun Rektor ITB memimpin civitas Akademika yang biasanya terkenal cukup serius, tetapi kali ini uraiannya diselingi canda yang membuat alumni senyam-senyum terutama dalam menyampaikan sejarah berdirinya ITB yang sebentar lagi akan berulang tahun emas sebagai institusi ITB.

Rektor mengharapkan ITB, termasuk didalamnya alumni ITB, terus memberikan sumbangan pemikiran untuk bangsa Indonesia. ITB akan memberikan penghargaan kepada civitas akademika atau alumni yang dinilai telah turut memberikan sumbangan pemikiran atau karya kepada bangsa Indonesia. Dalam waktu dekat, akan diadakan temu alumni akbar di Bandung dan seminar nasional mengundang salah seorang pemenang nobel. Sebagai informasi, juga disampaikan, citation index ITB ada peningkatan menjadi 7 % dan peringkat ITB menurut THES untuk kriteria bidang teknik berada diperingkat 119 dunia, sementara untuk bidang natural science berada diperingkat 139 dunia.

Penyampaian materi rohani ‘ayat-ayat semesta’ oleh Agus Purwanto

Agus Purwanto adalah salah satu alumni Fisika ITB ’83 yang merupakan satu dari 15 doktor fisika teori di Indonesia, sebuah angka yang menurutnya memprihatinkan karena terlalu sedikit untuk jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 220 juta jiwa.

Menurut beliau, kali ini ‘ayat-ayat semesta’ yang disampaikan, intinya memberi pesan : mengabaikan ilmu pengetahuan bertolak belakang dengan pemahaman Islam yang sebenarnya yang berarti mengabaikan Tuhan. Karena jika dikaji dari kandungan Al-qur’an, hanya 150 ayat yang mengungkapkan tentang fiqih, sementara yang membahas masalah alam ada 750 ayat. Yang terjadi akhir-akhir ini, banyak pemuka agama yang hanya fokus dan menghabiskan waktu dan energinya untuk membahas masalah fikih saja, sementara yang membahas alam dan ilmu pengetahuan hampir tidak ada. Dari contoh-contoh yang disebutkan, Agus mengajak untuk menghidupkan kembali pemahaman akan ilmu pengetahuan berangkat dari Al-qur’an yang materinya juga bisa dilihat di ayatayatsemesta.wordpress.com.

Salam,
-yohan-

Entry filed under: Alumni. Tags: , , .

Diskusi mengenai dosa, manusia dan hidup kekal Memulai Langkah Kecil dengan Mimpi Besar

5 Komentar Add your own

  • 1. Ida Kusuma W. (GD'76)  |  14 September 2008 pukul 6:29 pm

    Yth. P. Yohan,
    Terima kasih, berkat reportase ini, alumni yang tidak berkesempatan hadir, bisa mengikuti perkembangan dan rencana-rencana IA-ITB.
    Vivat Accademia !

    Balas
  • 2. Eky  |  14 September 2008 pukul 8:16 pm

    Yohan, terima kasih atas reportase-nya yg bagus. Barusan saya minta ke Sekretariat IA untuk di-up-load ke web IA (ia-itb.com). Sebaiknya juga Yohan up-load sendiri ke web IAE.
    Kalau ada tulisan atau reportase lain, infokan ke saya.
    Trims
    =ESP=

    Balas
  • 3. Rindu  |  14 September 2008 pukul 11:16 pm

    🙂 masukin ke youtube mas …

    Balas
  • 4. aRuL  |  15 September 2008 pukul 5:39 am

    wah pak agus memberikan materi yah.. wah hebat…🙂

    Balas
  • 5. Jiwa Musik  |  15 September 2008 pukul 8:58 am

    ndak ada suguhan musiknya? lagu2 reliji, nasyid asik2 juga lho pak

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

September 2008
S S R K J S M
« Jul   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: